Rumus-Microsoft-Excel

3 Rumus Microsoft Excel Tingkat Dasar!

Pelajari rumus microsoft excel memudahkan kita untuk mengolah data yang kita buat. Anda bisa mempelajari rumus-rumus tersebut dalam ulasan berikut ini.

Dalam pengolahan data menggunakan Microsoft Excel, kita tentu tidak bisa lepas dari rumus Microsoft Excel itu sendiri. Karena sejatinya, setiap kolom dalam Microsoft Excel memiliki fungsi seperti kalkulator. Beberapa pengguna aktif Microsoft Excel mungkin masih terfokus pada penggunaanya sebagai pengolah data yang memerlukan tabel-tabel di dalamnya. Padahal sebetulnya Microsoft Excel bisa jauh lebih komplek daripada itu, contohnya seperti penggunaannya untuk mengolah data yang memerlukan perhitungan.

Pengolahan tersebut akan jauh lebih cepat dan akurat dan memudahkan anda jika anda memahami penggunaan rumus Microsoft Excel. Hanya saja beberapa orang kadang masih kesulitan menerapkan apa yang ingin mereka cari dalam bahasa rumus. Sehingga masih ada yang menggunakan rumus di Microsoft Excel secara manual, yang mana itu tentu kurang efektif dan memakan waktu yang cukup lama.

Microsoft Excel itu sendiri merupakan aplikasi atau bisa disebut juga lembar kerja di dalam komputer, yang masuk ke dalam menu Microsoft Office yang fungsinya sebagai pengolah data, baik itu berupa data dalam bentuk tulisan, angka atau kombinasi keduanya. Penggunaan rumus Microsoft Excel dalam pengolahan data ini sangat membantu kita, khususnya jika pekerjaan kita berhubungan dengan pengolahan data yang komplek. Apalagi jika anda diharuskan melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat.

3 Rumus Dasar Pada Microsoft Excel & Penerapannya

Rumus Microsoft Excel jika dijabarkan secara lengkap tentu akan sangat variatif karena rumus ini sebetulnya sangat fleksibel dalam penggunaannya, tergantung dengan kebutuhan pengolahan data kita masing-masing. Namun ada beberapa rumus dasar yang mudah untuk anda pelajari, khususnya bagi para pengguna Microsoft Excel tingkat pemula.

Berikut 3 rumus dasar yang bisa anda pelajari dan anda gunakan dalam pengolahan data di Microsoft Excel:

  1. SUM

Rumus pertama yang akan kita jabarkan disini bisa dibilang rumus termudah dalam Microsoft Excel. Rumus ini biasa digunakan untuk menjumlahkan angka-angka pada sel-sel tertentu yang ingin dijumlahkan. Peletakannya biasa di bagian bawah kolom untuk mencari hasil dari penjumlahan atau total keseluruhan angka.

Anda dapat melihat contoh penggunaanya dalam gambar berikut ini:

rumus-microsoft-excel

Pada kolom total, jika kita ingin menjumlahkan seluruh total penjualan, cukup klik/letakkan kursor di cell E9, lalu ketikkan rumus berikut:

=SUM(E4:E8) lalu enter, maka hasil penjumlahan akan langsung tampil di cell E9

Cara lain, yang lebih praktis untuk rumus ini adalah dengan menggunakan kombinasi tuts pada keyboard anda. Anda tinggal klik pada cell E9, lalu tekan Alt bersamaan dengan tanda =/+ di keyboard anda, lalu enter.

  1. Rumus Variasi 

Rumus yang satu ini bisa anda gunakan untuk berbagai macam keperluan menghitung seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian maupun perkalian.

Contohnya untuk mencari total penjualan per barang pada cell E4, anda tinggal ketikkan pada cell tersebut = lalu klik pada cell C4, ketikkan tanda *, lalu klik pada cell D4, tekan enter

Anda bisa perhatikan pada gambar berikut ini:

Untuk mencari total penjualan barang selanjutnya, anda tidak harus menuliskan rumus yang sama. cukup copy ke bawah dari rumus sebelumnya. Caranya klik pada cell E4 sampai muncul tanda plus seperti ini: + lalu tahan, seret hingga ke cell E8, lalu lepaskan.

  1. Rumus Average

Rumus ini banyak digunakan untuk mencari rata-rata. Contoh penggunaannya misal seorang guru ingin mencari rata-rata nilai rapor murid-muridnya. Maka rumus ini bisa diketikkan seperti berikut : 

=AVERAGE(blok pada kolom nilai) lalu tekan enter, maka nilai rata-rata akan muncul. Anda bisa lihat contohnya pada gambar kolom berikut ini:

Kesimpulan

Penggunaan rumus Microsoft Excel sangat memudahkan anda dalam pengolahan data. Sebetulnya tidak begitu sulit jika kita memahami logikanya dan bisa menerapkannya ke dalam data anda. Untuk bisa mahir dalam penggunaan rumus Microsoft Excel selain penghafalan rumus, anda juga membutuhkan jam terbang yang cukup tinggi untuk bisa sampai ke tingkat mahir.

Apa-Itu-Komunikasi-Non-Verbal Previous post Apa Itu Komunikasi Non Verbal: Perasaan, Emosi, dan Intensitas 
Bahan-yang-Paling-Cocok-untuk-Membuat-Kemasan-Makanan Next post Bahan yang Paling Cocok untuk Membuat Kemasan Makanan