sampah-plastik-dapat-menyebabkan-terjadinya-pencemaran-tanah

Sampah Plastik Dapat Menyebabkan Terjadinya Pencemaran Tanah Karena Alasan Berikut!

Pahami bahwa sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena alasan berikut ini, jangan sampai menumpuk!

Limbah bisa berupa apa saja, mulai dari kotoran hingga polusi. Meski sepele, ternyata sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena komposisinya tak terurai. Cari tahu alasan dan penyebabnya lewat penjelasan berikut.

Alasan

Sebab limbah punya komposisi serta bahan pembuat anorganik, limbah maupun kotoran gagal terurai dengan baik. Jika tak dikelola, maka limbah ini akan membuat lingkungan tercemar. Alasannya karena tanah yang tertutup plastik bisa menghalangi peresapan, baik cahaya mentari maupun air hujan.

Tidak hanya di daratan, limbah limbah ini juga bisa mencemari area lainnya, misalnya laut dan sungai. Kondisi ini nantinya akan membuat ekosistem jadi rusak, bahkan menyebabkan kesehatan manusia menurun secara signifikan.

Penyebab Lain

Pencemaran pada tanah juga dapat disebabkan faktor lainnya, misalnya karena bencana saat banjir. Ketika banjir, unsur kompos serta hara yang ada di bagian atas tanah akan terbawa oleh arus. Nantinya tanah tak lagi gembur sebab sudah terkenal polusi akibat air kotor serta kotoran.

Meski tak terjadi langsung, sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena banyaknya kotoran pada area tersebut.  Karena polusi punya berbagai rupa, ada limbah anorganik dari berbagai tempat, mulai dari rumah sakit, rumah tangga, hingga industri.

Kebakaran hutan juga memiliki akibat yang sama pada tanah. Ketidak hadiran tumbuhan di tanah bisa menyebabkan unsur hara, kandungan air, dan ekosistem alam jadi rusak. Dampak dampak ini bisa diminimalisir apabila masyarakat mulai perduli dengan lingkungan.

Akibat

Apa yang nantinya terjadi ketika tanah menjadi tercemar? Banyak hal buruk yang dapat dirasakan oleh manusia. Diantaranya tanaman yang sulit untuk tumbuh, sebab unsur hara di dalam tanah sudah tidak ada. Tanah juga mengandung limbah beracun yang tak hanya mematikan untuk tumbuhan, tapi juga hewan.

Ketika akhirnya manusia mengonsumsi tumbuhan atau hewan tersebut, manusia bisa mengalami berbagai macam penyakit, dari keracunan hingga kematian. Dampak negatif tersebut bisa terus berlangsung apabila orang orang tak mulai melakukan pencegahan serta penanggulangan sekarang juga.

Ciri Serta Gejala

Sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena berbagai aspek bahannya. Kondisi tersebut sebenarnya dapat dilihat lewat tanda, gejala, serta ciri ciri pada permukaan atau dalam tanah.

Pencemaran terjadi pada tanah apabila di area tersebut memiliki sedikit kandungan mineral dan minimnya unsur hara. Bukan itu saja, pertumbuhan bakteri atau jamur yang harusnya ada, malah tidak bisa atau tak mau tumbuh seperti biasanya.

Pada akhirnya, tanah yang mengandung limbah, polusi, serta sampah plastik tak bisa terurai dengan baik. Tanah akan berusaha keras untuk mengurai limbah tersebut, di satu sisi berbagai mikroorganisme yang ada di dalamnya akan hilang perlahan.

Pencegahan

Agar kondisi ini tak berlangsung selamanya, masyarakat dengan dukungan pemerintah bisa melakukan berbagai langkah pencegahan. Misalnya dengan melakukan daur ulang pada limbah yang ada, sehingga tanah tak menjadi tempat pembuangan terakhir.

Pencegahan lainnya juga bisa dilakukan dengan melakukan pengurangan atas produk berbahan plastik, sehingga jumlah limbahnya berkurang secara signifikan. Jangan lupa buat melakukan pemeliharaan lapisan humus maupun hara area dengan banyak polusi maupun limbah.

Kesimpulan

Detail mengenai sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena berbagai aspek diatas, semoga menambah insight pembaca. Mari jaga lingkungan mulai sekarang buat memastikan keadaanya baik baik saja di masa depan.

Cara-Membuat-Nasi-Pecel-Jawa-Timur Previous post Cara Membuat Nasi Pecel Jawa Timur, Resep Mudah dan Gampang
Planet-Zoo Next post Riview Game Planet Zoo Berbagai Jenis Hewan Terbaik